Senin, 19 Maret 2012

Mengoperasikan Software Presentasi

 
·         Mengenal Software Presentasi
software presentasi adalah suatu aplikasi yang digunakan untuk membuat file presentasi. File yang dibuat oleh seseorang, berisi informasi ( berupa teks, table, gambar dan sebagainya ) yang akan diperhatikan atau dipresentasikan kepada banyak orang. Oleh karena itu, file presentasi harus dibuat semenarik mungkin sehingga orang yang melihat presentasi akan merasa puas dengan presentasi yang kita buat.
Untuk membuat file presentasi yang menaruk, sekarang banyak tersedia software presentasi modern yang dapat membuat file presentasi dengan efek animasi dan audiovisual.
Software presentasi yang sudah ada sekang ini, diantara lain Mircosoft PowerPoint pada Windows. OpenOffice Impress pada Linux, dan sebagainya. Software aplikasi yang sering digunakan oleh pengguna adalah Mircosoft PowerPoint yang berjalan pada Sistem Operasi Windows. Pada bab ini akan dibahas tentang software presentasi dengan menggunkan Microsoft PowerPoint.
Dengan menggunakan PowerPoint, Anda dapat membuat presentasi yang berisi  teks, table, gambar, clip at, audio, video, dan objek – obejek lain termasuk efek animasi.
sebelum program aplikasi Mircosoft PowerPoint dapat dijalankan pada computer, terlebih dahulu harus dilakukan pemeriksaan terhadap computer apakah semua hardware sudah terpasang dengan baik dan benar serta sesuai denga spesifikasi yang disyaratkan. Setelah itu dipersiapkan software yang diperlukan, yaitu berupa master program Windows baik versi Windows 95,98, 2000. Jika program Windows sudah terinstalasi maka untuk selanjutnya master program Mircosoft PowerPoint harus dimiliki, dan master Office ini harus sudah terinstalasi dengan baik pada computer. Master Mircosoft PowerPoint merupakan bagian dari  Mircosoft Office. Biasanya jika Microsoft Office sudah terinstalasi makan program Powerpoint sudah dapat terinstal di dalamnya.
Mircosoft PowerPoint merupakan suatu program aplikasi yang berfungsi untuk menyusun atau merancang naskah-naskah dengan tujuan utama sebagai bahan presentasi untuk disajikan/ ditampilkan kepada umum dan dapat dikombinasikan dengan layar pantul seperti overhead projector, maupun dengan menggunakan  LCD projector. Hingga saat ini program aplikasi Mircosoft PowerPoint yang beredar di masyarakat ada beberapa versi yang dapat dipilih dan digunakan.
Sebelum Mircosoft Powerpoint dapat digunakan terlebih dahulu program ini harus diinstal pada computer. Adapun cara instalasinya adalah sebagai berikut :
1.      Klik start lalu Run, maka akan muncul kotak Run
2.      Klik Browse, kemudian pilih device tempat dimana CD Intalasi Mircosoft Office dimasukkan
3.      Dalam CD ROM, pilih direktori tempat master Mircosoft Office disimpan
                   Kemudian pilih file setup.exe Setelah itu Klik OK
4.      Tampilan awal instalasi Mircosoft Office
5.      Masukkan username, inisial, organisasi dan serial number Office 2000 pada kolom yang disiapkan, kemudian klik next.
6.      Baca license Agreement dengan Mircosoft, jika anda setuju pilih ‘ I accept the terms in the lisence Agreement’, kemudian klik next. Pilih custom size untuk memilih aplikasi Mircosoft Office yang akan diinstal.
7.      Klik next untuk melajukan
8.      Pilih program aplikasi yang akan diinstal atau semuanya yang ada turut diinstal. Klik install now untuk menginstal Office 2000
9.      Proses instalasi Mircosoft Office 2000, tunggu hingga 100%
10.  Setelah proses instalasi mencapai 100%, akan muncul tampilan yang meminta anda untuk merestart computer anda, klik yyes untuk merestart computer.
Untuk melihat hasil yang telah kita instalasi dapat dilakukan sebagai berikut :
Klik menu start           all program kemudian pilih Mircosoft Powerpoint/ Mircosoft Word/ Mircosoft Execel, dan lain-lain. Seperti di bawah ini.
1.      Mengaktifkan software presentasi
Untuk memulai mengoperasikan Mircosoft Powerpoint ada beberapa langkah yang perlu di perhatikan, tetapi pada dasarnya semua sama. Cara yang paling  umum untuk memulai Mircosoft Powerpoiny sebagai berikut.
a.       Klik start kemudian  all program          Mircosoft PowerPoint
b.      Bisa juga dengan klik ganda pada ikon Mircosoft PowerPoint pada desktop
Kemudian, akan tampil jendela Mircosoft PowerPoint.
2.      Menutup software presentasi
Untuk menutup software Mircosoft PowerPoint ada beberapa cara, yaitu :
a.      Klik menu file


b. .      Mengklik ikon         di sudut kanan atas jendela kerja PowerPoint
Bila file tersebut belum tersimpan, setelah anda memilih exit maka akan muncul kotak dialog yang berisi pertanyaan “ apakah anda ingin menyimpan presentasi yang baru dibuat ?”

Klik Yes untuk menyimpan dan mengakhiri PowerPoint, klok no untuk mengakhiri PowerPoint tanpa menyimpan file, Dan klik  cancel untuk membatalkan perintah exit.
·         Mengoperasikan Mircosoft PowerPoint
Lembar kerja dengan berbagai menu dan fasilitas  dalam area kerja MS PowerPoint ditunjukkan dalan gambar dibawah ini.

Gambar di atas merupakan lembar kerja pada PowerPoint. Anda beberapa bagian pada lembar kerja PowerPoint yang perlu diketahui, yaitu menu bar, tool bar, tittle bar, slide, dan sebagainya.
.      
MEMULAIMICROSOFT POWERPOINT2003
Memulai/membuka Microsoft PowerPoint2003.
Untuk memulai/membuka program Microsoft PowerPoint,lakukan langkah-langkah berikut :1.Kli
Start
 pada
Taskbar
(pada sudut kiri bawah)satu kali.2.Arahkan pointer mouse padamenu All Program
.3.Pilih/Klik menuMicrosoft PowerPoint2003
.4.Tunggu sebentar, hingga muncul tampilan sebagai berikut: 
B.Mengenal Layar Microsoft PowerPoint2003.
Bagian-bagian dari layar Microsoft PowerPoint adalahsebagai berikut :
Outline Window 
yang berisi garis besar presentasi. 
 

1 komentar: